...

Daftar Menu Makanan Paling Unik dan Aneh di Jepang

On 11:12:00 AM with No comments

Masyarakat Jepang memang dikenal sebagai orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi. Kreativitas ini juga didukung dengan fasilitas dan teknologi canggih sehingga tak jarang kita mengenal produk-produk luar biasa dari Jepang. Tidak hanya dari segi teknologi, kreativitas masyarakat Jepang juga banyak dituangkan pada bidang kuliner mereka. Pada zaman modern ini banyak sekali ditemukan kuliner-kuliner unik nan lezat berasal dari negeri Sakura.


Daftar Menu Makanan Paling Unik dan Aneh di Jepang

Namun saking tingginya kreativitas ini, sering kali produk makanan dari Jepang malah kebablasan dan terkesan menjijikkan. Makanan-makanan tersebut dibuat dari bahan-bahan yang aneh dan sekaligus dapat menghilangkan selera makan anda. Berikut ini 11 makanan paling tak lazim di Jepang.

Makanan paling unik dan aneh di Jepang

1. Sashimi katak
Sashimi merupakan makanan khas Jepang yang umumnya terbuat dari daging ikan atau pun daging kambing. Namun, apa jadinya kalau sashimi dibuat dari daging katak? Membayangkan katak saja sudah membuat kita merasa jijik, apalagi memakannya.
Sashimi katak ini dijual di salah satu restoran di Tokyo bernama Asadachi. Katak yang digunakan sebagai bahan dasar sashimi ini adalah katak jenis bullfrog yang memiliki badan besar. Fakta yang membuat makanan ini menjijikkan adalah katak tersebut disajikan mentah tanpa dimasak dan hanya dibersihkan saja. Bahkan diantaranya masih ada yang mengeluarkan bunyi.

2. Steak Tinja
Salah satu makanan dari Jepang ini memang terdengar sangat menjijikkan. Selain itu, steak tinja juga sangat tidak etis karena menggunakan kotoran manusia sebagai bahan dasarnya. Kuliner menjijikkan ini berawal dari penelitian salah satu ilmuan Jepang bernama Mitsuyuki Ikeda. Dia menemukan bahwa kandungan protein pada tinja manusia sangat tinggi.
Karena itulah Mitsuyuki Ikeda termotivasi untuk menciptakan makanan yang sangat nyeleneh dan terciptalah steak tinja. Meskipun memiliki kandungan protein yang tinggi, kotoran manusia sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan banyaknya bakteri E. Coli pada tinja dapat menyebabkan berbagai penyakit dan menghambat metabolisme tubuh.

3. Cod Fish Sperm
Ikan kod  dikenal sebagai ikan yang mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu kinerja otak. Umumnya, ikan kod diambil minyak dan dagingnya untuk dikonsumsi. Namun, lagi-lagi Jepang mencoba berinovasi untuk menciptakan kuliner baru dengan menggunakan sperma ikan kod. Cukup menjijikkan bukan.

Sperma ini memiliki bentuk seperti otak sapi. Jadi jika dilihat sekilas kita tidak dapat membedakan olahan otak sapi dan sperma ikan kod.  Di Jepang sendiri sperma ini sering diolah menjadi sup walaupun ada juga yang mengkonsumsinya langsung (tanpa dimasak).
Kuliner aneh ini dipercaya dapat meningkatkan stamina dan menambah keperkasaan kaum pria. Maka tak heran olahan sperma ikan kod dapat ditemui di resto-resto ataupun hotel berbintang di Jepang.

4. Natto
Sebenarnya makanan yang satu ini tidak dibuat dari bahan yang aneh. Natto dibuat dari kedelai yang difermentasi. Jika di Indonesia, proses pembuatannya hampir mirip seperti tempe. Namun, yang membuat Natto masuk dalam daftar ini adalah cara penyajiannya.
Natto disajikan dalam bentuk yang lengket basah dan berbau sangat menyengat. Mungkin bagi kita orang Indonesia yang tidak terbiasa dengan masakan Jepang akan muntah begitu mencium bau makanan ini. Tapi uniknya justru Natto sering dijadikan sebagai menu sarapan di Jepang.

5. Fugu
Nama makanan ini diambil dari bahan dasar pembuatannya yaitu Fugu, atau dalam bahasa Indonesia berarti ikan buntal. Ikan buntal adalah ikan berduri yang akan mengembungkan tubuhnya ketika merasa terancam. Sekilas memang tidak ada masalah dengan makanan ini. Namun, jika ditelaah lebih dalam, kuliner ini tergolong cukup mengerikan.
Fugu merupakan salah satu ikan beracun mematikan. kulit, ovarium, dan hati ikan ini mengandung racun yang bernama tetrododoxin. Jika racun ini sampai masuk ke dalam tubuh, maka secara perlahan otot-otot akan melemah dan lumpuh. Sementara itu korban akan tetap dalam kondisi sadar dan mengalami sesak napas kemudian meninggal.
Oleh sebab itu di restoran Jepang tidak sembarang koki dapat menyajikan hidangan ini. Hanya koki-koki yang memiliki sertifikat khusus yang dapat memasaknya.

6. Shiokara
Shiokara merupakan makanan khas Jepang yang dibuat dari hasil laut seperti ikan, cumi-cumi, ataupun gurita. Pada masakan ini bahan-bahan lebih dulu difermentasi dan disimpan dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu bahan-bahan tersebut menjadi basi dan beraroma sangat amis.

Bahan yang sudah difermentasi sedemikian rupa kemudian dimasak menjadi semacam sup dan dihidangkan dalam mangkuk. Aroma Shiokara yang sangat amis menyengat membuat makanan ini sangat menjijikkan.

7. Shirouo no Odorigui
Kuliner Jepang memang dikenal sering menyajikan bahan makanan mentah. Baik itu sayuran atau daging ikan. Hal ini dapat kita lihat dari salah satu olahan ikan mereka yaitu sushi dan sashimi.
Namun makanan mentah yang satu ini lain dari sushi maupun sashimi. Namanya Shirouo no Odorigui. Nama ini diambil dari ikan Shirouo yang memang menjadi bahan pembuatan makanan ini. Shirouo merupakan ikan kecil yang berwarna transparan. Dinamakan Shirouo no Odorigui karena ikan-ikan mungil ini dimakan langsung hidup-hidup. Jadi saat anda memakannya, akan terasa sensasi menggeliat dalam mulut yang tak jarang berlanjut sampai ke perut. Mengerikan bukan?

8. Zazamushi
Zazamushi memiliki arti serangga air. Makanan ini dibuat dari serangga-serangga yang hidup di dasar sungai Jepang. Serangga-serangga tersebut kemudian diolah menjadi makanan. Bisa digoreng, direbus, ataupun dibuat sup. Zazamushi disajikan dalam mangkuk. Di dalam mangkuk tersebut akan terlihat kumpulan serangga mushi yang lebih mirip ulat berukuran besar dan terlihat sangat menjijikkan.

9. Hachinoko
Ternyata tidak hanya serangga yang diolah di Jepang. Larvanya pun ikut dijadikan sebagai hidangan. Salah satunya adalah makanan bernama Hachinoko ini. Hachinoko dibuat dari larva lebah yang digoreng renyah. Sejatinya makanan ini bukanlah makanan berat melainkan hanya untuk camilan saja. Namun karena rasanya yang unik membuat makanan Hachinoko banyak digunakan sebagai pendamping nasi. Makanan ini juga diketahui merupakan makanan favorit kaisar Jepang terdahulu, yakni Kaisar Hirohito.

10. Basashi
Di Indonesia, khususnya di daerah Jawa memang sudah banyak olahan daging kuda seperti sate kuda dan gulai kuda. Namun, ada satu inovasi di Jepang yang menyajikan daging kuda ala sushi. Ya, daging kuda ini disajikan mentah-mentah dan masih berwarna merah.
Shusi kuda ini bernama Basashi atau juga sering disebut dengan Sakuraniku. Makanan ini banyak dijumpai di daerah Nagano, Kumamoto, Tohoku, dan juga Oita. Selain itu, ada juga makanan penutup yang terbuat dari daging kuda yaitu es krim basashi. Sama seperti basashi, es krim basashi ini juga terbuat dari daging kuda mentah.

11. Bola Mata Tuna
Olahan ikan tuna memang sangat nikmat dan memiliki banyak penggemar di kalangan pecinta sea food. Namun apa jadinya kalau yang diolah dari ikan tuna ini adalah bagian bola matanya? Kesan amis mungkin akan langsung terlintas di pikiran anda.
Pada kenyataannya bola mata ikan tuna memang dijadikan sebagai makanan di Jepang. Bahkan mereka memakannya mentah-mentah sebagai camilan atau pendamping nasi. Mereka percaya bahwa dengan mengkonsumsi bola mata ikan tuna dapat menambah stamina.

Itulah 11 kuliner hasil kreativitas unik dan aneh dari Jepang. Meskipun aneh dan menjijikkan, ternyata orang Jepang cukup menggemari makanan-makanan diatas. Bagaimana dengan anda? Berniat mencobanya?. Sekian artikel ini semoga dapat menambah wawasan anda, terima kasih.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »