...

6 Kisah Misteri di Kebun Raya Bogor

On 10:30:00 PM with No comments

Apakah anda berniat untuk liburan ke Kebun Raya Bogor? Memang saat siang hari anda akan menemui orang-orang yang sedang berlibur bersama keluarga atau bahkan sekumpulan rusa-rusa cantik yang terpelihara. 

Namun, tahukah anda apa yang terjadi saat pengunjung telah sepi, tepatnya saat malam tiba? Banyak beredar kisah mistis seputar lokasi Kebun Raya Bogor yang hingga kini masih menjadi misteri, berikut ini akan kami bagikan 5 kisahnya


6 Kisah Misteri di Kebun Raya Bogor


Berbagai Kisah Mistis Di Dalam Kebun Raya Bogor

1. Jembatan putus cinta

Jika anda pernah berjalan-jalan di area Kebun Raya ini maka akan menemui sebuah jembatan gantung berwarna merah yang cukup besar. Sepintas memang terlihat seperti jembatan biasa, namun ternyata jembatan ini menyimpan sebuah mitos yang dipercaya sampai sekarang. Mitos itu adalah setiap pasangan yang melintasi jembatan tersebut maka hubungannya tidak akan bertahan lama.

Hal ini didasari oleh banyaknya pengunjung muda-mudi yang melewati jembatan itu dan tak lama setelahnya mereka pun tiba-tiba putus cinta. Padahal jika dilihat secara sekilas memang jembatan ini tak ubahnya seperti jembatan gantung pada umumnya, namun sekumpulan mitos yang ada membuat para pengunjung rasanya enggan untuk melewati jembatan ini.

2. Laboratorium Kosong yang ‘Berhantu’

Jika melewati perempatan Jalan Kenari sebelum monumen Lady Raffles maka anda dapat menemui sebuah bangunan tua yang dulunya merupakan Laboratorium Fisiologi dan Biokimia. Laboratorium tersebut sudah lama tidak digunakan dan dibiarkan kosong tak terawat, sehingga wajar apabila dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis.

Menurut pengakuan orang-orang sekitar atau pegawai yang bekerja di wilayah tersebut, saat malam hari di Lab tua itu kerap kali terdengar suara-suara aneh, mulai dari suara pintu yang tertutup sangat keras hingga suara benda jatuh. Padahal dapat dipastikan jika didalam Lab tersebut kosong tidak ada orang, bahkan hingga kini tidak ada seorangpun yang berani masuk ke sana.

3. Penampakan Noni Belanda di Danau Gunting

Apakah anda pernah melihat sebuah danau kecil yang disebut dengan Danau Gunting? Jika pernah, mungkin anda akan berpikir danau ini adalah danau yang indah seperti pada umumnya, karena memang danau ni dihiasi oleh para burung bangau putih yang berenang kesana-kemari.

Danau yang berlokasi tepat dibelakang Istana Bogor ini memang memiliki keindahan yang alami, apabila anda melihatnya menggunakan ‘Drone’ dari atas maka anda dapat melihat bentuk danau yang menyerupai sebuah gunting. 

Namun ternyata semua keindahan itu tidak akan bertahan lama saat malam tiba, karena menurut pengakuan seorang Satpam yang berjaga disana, dia telah melihat sosok perempuan menyerupai Noni Belanda yang melayang di tengah-tengah Danau.

Bahkan dulu pernah akan dilakukan renovasi pada danau ini yaitu dengan melakukan pengerukan untuk membuatnya lebih dalam. Tapi hal aneh pun terjadi yaitu alat pengeruk berupa ‘Ekskavator’ yang digunakan langsung patah saat proses pengerukan. Hal ini tentu dianggap tidak wajar karena alat tersebut terbuat dari besi yang amat kuat dan kokoh.

Atas kejadian yang aneh tersebut para pekerja pun memutuskan untuk menghentikan proses pengerukaan dan menemui dukun sehingga dapat mengusir mahluk astral yang menempati danau itu. Namun sayangnya hal itu tidak berhasil, dukun yang telah dipanggil mengaku tak sanggup mengusir kekuatan besar dari para mahluk astral yang mendiami Danau Gunting.

4. Makam Belanda Kuno

Kebanyakan orang yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor akan masuk melewati gerbang utama yang terletak di depan pasar Bogor, bersebelahan dengan Museum Zoologi. Tapi jika anda ingin merasakan sensasi yang berbeda saat memasuki Kebun Raya maka anda dapat masuk melewati gerbang kecil yang berada pada Jalan Juanda, tepat di sisi kantor Pos Bogor.

Lewat jalur itu anda akan dibawa melalui sebuah jalan setapak memasuki hutan dengan pemandangan yang menyerupai hutan belantara asli. Semakin anda masuk kedalam maka suasana akan semakin gelap, pepohonan yang semakin lebat, dan jalanan bercabang. Jika anda memilih jalur kiri maka akan mendapati sebuah taman yang merupakan lokasi Makam Belanda.

Berdasarkan informasi yang ada, makam tersebut sudah ada jauh sebelum Kebun Raya Bogor dibangun, tepatnya pada tahun 1817. Di area itu terdapat beberapa makam orang-orang terkenal pada masanya, yaitu makam Cornelis Potsman (Ahli Kimia Belanda), makam DJ De Eerns (Gubernur Hindia Belanda), dan yang paling baru adalah makam Dr. Andre Joseph Guillaume Henri Kostermans, seorang ahli botani yang telah wafat pada tahun 1994.

Dengan disemayamkannya orang-orang yang cukup berpengaruh pada masanya itu kian menambah suasana angker pada Makam Belanda kuno ini. Total makam yang ada berjumlah 42, tapi 4 diantaranya tidak teridentifikasi.

Kisah mistis yang paling terkenal terkait makam Belanda ini adalah saat ada seorang pria yang dengan sengaja berdiam diri di sekitar makam untuk mengetahui seberapa angker area tersebut. Namun belum lama dia berdiam diri disitu rupanya sudah datang beberapa gangguan dari mahluk halus oenunggu makam Belanda Kuno.

Menurut pengakuan pria itu, gangguan pertama yang dirasakannya adalah seekor kucing yang tiba-tiba muncul di hadapannya dan kemudian berubah menjadi Harimau. Lalu pohon bambu yang berada disekitarnya tiba-tiba berubah menjadi sesosok wanita berambut panjang berpakaian serba putih yang kemudian diyakini sebagai Kuntilanak.

5. Komplek Makam istri Prabu Siliwangi

Jika sebelumnya adalah Makam Belanda kuno maka selanjutnya adalah keangkeran yang terdapat pada makam istri Prabu Siliwangi. Komplek pemakaman kecil yang hanya seluas 200 meter ini terletak di dasar sebuah tebing, di bagian belakang Istana Bogor. Pemakaman ini juga dikelilingi oleh pohon-pohon besar yang rindang, sehingga membuat suasana disekitar semakin terasa angker.

Keangkeran pada makam ini semakin terkenal ketika saat itu ada seorang peziarah yang datang untuk mengunjungi makam istri Prabu Siliwangi. Namun dari kejauhan sebelum dia sampai di tempat makam itu, secara mengejutkan terlihat dua Harimau putih dengan loreng hitam yang mondar-mandir menjaga makam tersebut.

Bahkan tidak hanya itu, menurut pengakuan Satpam yang berjaga di area sekitar makam, dia mengatakan bahwa pernah dikejar oleh sosok Kalelawar raksasa yang tingginya seukuran manusia dan memiliki sayap amat lebar sekitar 6 meter.

6. Penampakan sosok kakek Suryakencana di Istana Bogor

Kisah mistis yang terakhir adalah penampakan sesosok kakek-kakek yang dipercaya sebagai kakek Suryakencana. Awal mula adanya kisah ini adalah atas dasar pengakuan seorang pengunjung yang tengah berada di toilet Istana Bogor, kemudian dia mengaku secara tiba-tiba ada sosok seorang kakek berbaju hitam yang muncul di sudut ruang toilet, lalu tak lama kemudian sosok itu menghilang.

Hal itu dipercaya warga sekitar sebagai penampakan dari kakek Suryakencana yang dulunya terkenal sebagai ‘Orang Sakti’. Pada masanya dia adalah orang yang berkuasa di daerah Bogor, Cianjur, atau bahkan hampir seluruh tataran Sunda. Bahkan dia dipercaya sebagai orang yang menjaga Gunung Gede sehingga gunung tersebut tidak meletus.

Itulah ke-6 kisah misteri seputar Kebun Raya Bogor yang hingga kini masih dipercaya dan di yakini masyarakat sekitarnya. Jika anda penasaran dengan kisah-kisah tersebut dan tertarik ingin membuktikannya maka anda bisa mengunjungi sendiri beberapa lokasi angker yang terdapat di tempat ini.





Next
« Prev Post
Previous
Next Post »