...

Sejarah dan Misteri Gunung Lawu

On 7:25:00 PM with 1 comment

Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu gunung favorit para pendaki. Namun tahukah anda bahwa gunung ini memiliki banyak kisah mistis yang hingga kini masih menjadi misteri? Berikut ini akan dibagikan sedikit sejarah dan beberapa misteri yang terdapat pada gunung Lawu.


Sejarah dan Misteri Gunung Lawu


Sejarah Gunung Lawu

Pertama-tama akan dibagikan beberapa kisah yang meliputi sejarah dari gunung Lawu, berikut ulasannya:

1. Gunung Tertua di Pulau Jawa

Gunung Lawu adalah gunung tertua di pulau Jawa, hal ini didasari dengan bukti banyaknya flora dan fauna langka yang ada di gunung ini, bahkan terdapat bunga jenis ‘Anggrek Lawu’ dan ‘Edelwis’. Bukan hanya itu saja, di gunung Lawu juga banyak ditemui hewan-hewan buas berukuran besar seperti Harimau, Elang Jawa, dan adapula tanaman-tanaman langka lainnya.

2. Kerajaan Majapahit dan Demak

Salah satu peristiwa yang membuat gunung Lawu menjadi dikenal masyarakat secara luas adalah kisah Majapahit dan Demak. Kisah ini berawal dari runtuhnya kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh Prabu Brawijaya ketika berperang melawan Raden Fatah yang memimpin kerajaan Demak. Ketika Prabu Brawijaya kalah, dia langsung pergi melarikan diri ke gunung Lawu sampai akhirnya gunung ini menjadi terkenal dikalangan masyarakat karena menjadi saksi bisu sejarah runtuhnya kerajaan Majapahit.

3. Nama Asli Gunung Lawu

Jauh sebelum adanya peperangan dari kerajaan Majapahit dan Demak yang kemudian membuat gunung Lawu dikenal secara luas oleh masyarakat, pada awalnya nama gunung ini adalah Wukir Mahendra. Menurut kisah yang ada, pada zaman dahulu gunung Lawu merupakan sebuah kerajaan yang dipimpin para dewa di khayangan.

4. Larangan Mendaki Puncak Gunung Lawu bagi Warga Cepu

Ketika Prabu Brawijaya lari menuju puncak gunung Lawu setelah kekalahannya atas Raden Fatah, rupanya datang Adipati Cepu yang merupakan musuh dari Prabu Brawijaya.

Adipati Cepu dikisahkan memiliki dendam yang amat besar atas Prabu Brawijaya sehingga dikejarlah Prabu sampai ke atas puncak gunung, namun saat itu juga tiba-tiba Prabu Brawijaya mengucap sumpah berupa larangan bagi seluruh keturunan Adipati Cepu sekaligus warga Cepu untuk naik ke puncak gunung Lawu.

Hingga saat ini legenda itu masih dipercaya oleh beberapa warga Cepu, sehingga banyak yang menolak apabila diajak pergi ke puncak gunung Lawu.

Setelah kita mengetahui sejarah gunung Lawu maka dapat disimpulkan bahwa gunung Lawu merupakan gunung yang sudah amat tua. Sehingga tidak heran jika gunung ini sering melahirkan kisah-kisah mistis yang masih menjadi misteri hingga sekarang.

Lalu misteri apa saja yang ada pada gunung Lawu? Berikut akan dibagikan 6 kisah misteri yang ada di gunung Lawu:

1. Pasar Setan

Dalam perjalanan menuju puncak gunung Lawu terdapat 3 jalur pendakian yang salah satunya disebut dengan jalur Candi Cetho. Jalur ini merupakan yang paling cepat diantara kedua jalur lainnya, namun medan yang dilalui lewat jalur ini dapat dikatakan cukup berbahaya, karena dikelilingi oleh tanjakan terjal dan jurang yang curam.

Disinilah awal mula permasalahannya, sulitnya medan yang harus dilalui pada Candi Cetho ini seringkali membuat para pendaki pemula hilang arah dan kemudian tersesat. Namun rupanya banyak yang meyakini bahwa para pendaki tersebut tersesat bukan hanya karena sulitnya medan yang harus dilalui, akan tetapi dalam jalur itu dipercaya terdapat jalur perlintasan ke alam ghaib.

Hal ini didasari oleh kesaksian para pengunjung yang mengaku kerap merasakan adanya hal-hal aneh berupa suara yang berbisik “mau beli apa?” sehingga menyerupai suara percakapan di pasar. Namun ketika dilihat dan diperiksa tidak ada orang lain disitu, sehingga hal itu diyakini sebagai tempat dimana berkumpulnya para setan yang sedang melakukan berbagai aktifitas layaknya manusia.

2. Cahaya Oktagon Gunung Lawu

Masyarakat sekitar gunung Lawu mengaku sering melihat sebuah kilatan cahaya berbentuk segi delapan (Oktagon) yang memiliki pola layaknya portal gerbang, sehingga masyarakat mempercayai bahwa itu adalah gerbang perantara untuk para roh menuju alam ghaib.

Bahkan cahaya oktagon ini sempat terlihat oleh anggota NASA yang kemudian pergi menuju lokasi gunung Lawu untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Namun hasilnya hanya diketahui bahwa cahaya tersebut berasal dari titik bangunan candi yang terdapat di gunung Lawu, sedangkan bentuk dari gunung itu sendiri tidak tertangkap gambarnya oleh satelit.

NASA pun heran atas penelitian yang masih menjadi misteri tersebut, akhirnya mereka memutuskan untuk pulang dan kemudian kembali lagi dengan membawa peralatan yang lebih canggih. Akan tetapi hasilnya sama saja, hanya kumpulan candi yang bisa terlihat, sedangkan posisi gunung Lawu sendiri tidak tertangkap kamera.

3. Burung Jalak Lawu

Salah satu hal paling menarik yang bisa anda temui di gunung Lawu adalah ‘Burung Jalak Lawu’. Burung yang hingga kini belum tercatat dalam daftar spesies burung ini diyakini sebagai burung peliharaan dari Sunan gunung Lawu yang merupakan jelmaan dari Kyai Jalak.

Kisah mistis yang mengikuti burung ini adalah burung Jalak Lawu disebut-sebut sebagai burung penyelamat bagi para pendaki yang tersesat, dengan catatan bahwa pendaki tersebut memiliki niat dan hati yang baik.

Memang pada kenyataanya burung ini kerap muncul di hadapan para pendaki. Burung ini juga memiliki ciri tersendiri apabila akan muncul, biasanya jika cuaca sedang cerah burun ini akan terbang dan melompat-lompat disekitar para pendaki, namun bila cuaca berkabut maka burung Lawu akan berkicau sehingga kita dapat memperhatikan pekikannya.

4. Ucapan yang Menjadi Nyata

Apakah anda pernah mendengar istilah yang menyebutkan untuk hati-hati jika berbicara, karena ucapan adalah do’a? Jika iya maka anda akan menemukan bukti nyatanya di gunung Lawu.

Banyak pengakuan dari para pendaki yang mengungkapkan bahwa setiap perkataan yang diucap saat dalam perjalanan mendaki maka akan menjadi kenyataan. Seperti saat mereka berucap kelelahan saat mendaki, maka tak lama kemudian mereka merasakan tubuh yang benar-benar lelah. Adapula pengakuan yang mengatakan bahwa salah satu pendaki pernah berucap kedinginan, maka dengan ajaib secara tiba-tiba pendaki tersebut menggigil dengan parahnya akibat rasa dingin, sementara pendaki lainnya baik-baik saja padahal berada di lokasi yang sama.

5. Kupu-kupu Hitam Gunung Lawu

Misteri selanjutnya adalah munculnya Kupu-kupu hitam yang ditengah sayapnya terdapat bulatan besar berwarna biru cerah yang mengkilap. Menurut masyarakat setempat apabila ada pendaki yang beruntung dapat menjumpai kupu-kupu itu maka pertanda bahwa dia telah diterima dengan baik oleh penjaga gunung Lawu.

6. Pantangan bagi Para Pendaki

Jika anda memiliki rencana untuk mendaki gunung Lawu bersama teman-teman, pastikan bahwa total jumlah rombongan tersebut adalah genap. Karena di gunung Lawu terdapat larangan bagi mereka yang mendaki dengan jumlah ganjil karena dipercaya akan membawa kesialan.

Tidak hanya itu, terapat pula larangan yang menyebutkan para pendaki untuk tidak mengenakan pakaian yang bernuansa hijau, karena diyakini bahwa warna hijau identik dengan hal-hal mistis.

Itulah ulasan mengenai sejarah dan mitos yang ada pada gunung Lawu. Semoga bisa diambil hikmah dari tulisan diatas sehingga para pembaca yang ingin mendaki dapat lebih mempersiapkan diri dan lebih hati-hati dalam berkata dan bersikap saat dalam perjalanan.







Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Jika anda butuh nomor togel 100% di jamin tembus silahkan hub.AKI SAJIWO di nmr hp beliau.085-322-061-788 terimah kasih