...

8 Hewan Unik Hutan Amazon

On 11:17:00 AM with No comments



8 Hewan Unik Hutan Amazon
Hutan Amazon

Anehnya Dunia - Kawan Anehnya Dunia, Hutan Amazon yang memiliki ukuran sekitar 5,5 juta km2 dan berada di Amerika Selatan ini memiliki berbagai fenomena aneh dan unik tentang aneka ragam sumber daya alam, termasuk beberapa spesies hewan unik dan langka tapi nyata yang hanya dapat ditemukan di lokasi tersebut.

Adapun fenomena unik dan aneh tapi nyata yang dapat diamati berdasarkan jenis hewan yang ada di Amazon adalah sebagai berikut.

1. Potoo

8 Hewan Unik Hutan Amazon
Hewan Potoo


Merupakan salah satu jenis burung yang suka hinggap di batang pohon kering dan mati. Warna bulunya yang menyerupai batang pohon kering membuatnya terlindung terhadap serangan predator. Fenomena unik tersebut menjadi satu-satunya yang dapat Anda jumpai di dunia, yaitu di hutan Amazon.

2. Semut Peluru

Fenomena langka berikutnya adalah adanya spesies semut yang memiliki bentuk serta ukuran berbeda dengan semut-semut rumahan.

8 Hewan Unik Hutan Amazon
Semut Peluru

Ukuran yang lebih besar serta sengatan yang menyerupai lebah menjadi salah satu alasan serangga ini mendapat nama sebagai semut peluru. Selain itu, ada beberapa alasan lain yang memunculkan nama tersebut yaitu rasa sakit yang luar biasa bagaikan kulit tertembus sebuah peluru.

Tak hanya itu, semut peluru juga seringkali mendapatkan julukan sebagai semut 24 jam karena rasa sakit dari sengatannya membutuhkan waktu hingga 24 jam sampai benar-benar menghilang.

3. Katak Kaca

8 Hewan Unik Hutan Amazon
Katak Kaca

Sesuai dengan namanya, katak kaca yang menjadi salah satu fenomena unik di hutan Amazon ini memiliki kulit transparan sehingga organ-organ tubuhnya dapat diamati dari sisi luar. Mulai dari ujung kepala sampai jari-jarinya, kulit spesies katak ini nampak transparan, sehingga sangat tepat jika diberi nama katak kaca.

4. Ulat Bulu Beracun

Sepertinya ulat-ulat bulu yang banyak kita jumpai tidak ada yang mengandung racun, seperti salah satu fenomena unik yang berada di Amazon ini. Hanya karena menyentuhnya, spesies ulat beracun ini dapat menambah jumlah angka kematian manusia setiap tahunnya.

8 Hewan Unik Hutan Amazon
Ulat Beracun
Adapun proses penyebaran racun tersebut terjadi dengan cara menurunkan tekanan darah korban secara drastis serta racun yang dikeluarkan mengandung antikoagulan, yaitu zat yang mencegah terjadinya pembekuan darah. Spesies mematikan yang satu ini banyak ditemukan di dahan pohon sekitar Amazon.

5. Arapaima Gigas 

Jika Anda merasa asing dengan nama di atas, sebenarnya spesies tersebut merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki ukuran paling besar di dunia. Ukuran maksimal Arapaima dapat mencapai 3 meter dengan berat hingga 200 kilogram.

8 Hewan Unik Hutan Amazon
Arapaima Gigas

Namun, akibat ulah manusia, terutama warga pribumi, salah satu fenomena unik yang hanya ada di Amazon ini sangat jarang dijumpai, terutama yang memiliki ukuran maksimal. Karena banyak warga yang memanfaatkannya untuk dikonsumsi, bahkan untuk diekspor.

6. Ikan Candiru

8 Hewan Unik Hutan Amazon
Ikan Candiru
Merupakan salah satu fenomena unik dan berbahaya di sungai Amazon. Ukuran ikan yang menyerupai pensil serta sering disebut sebagai tusuk gigi ini dapat masuk ke saluran urogenital manusia. Tentu hal ini membutuhkan penanganan bedah operasi untuk mengeluarkan hewan berbahaya tersebut.

7. Serangga Kepala Kacang

8 Hewan Unik Hutan Amazon
Serangga Kepaala Kacang
Ya, serangga yang satu ini memang memiliki bentuk kepala menyerupa kacang yang masih terbungkus dalam kulit. Selain itu, jika sayapnya dibentangkan, maka pada bagian bawahnya akan nampak seperti dua mata yang terbuka. Keunikan bentuk tubuhnya diduga menjadi salah satu cara untuk mengelabuhi predator.

8. Basilisk Common

8 Hewan Unik Hutan Amazon
Basilisk Common
Merupakan salah satu jenis kadal yang memiliki keunikan tersendiri, karena ia mampu berlari di atas air dengan posisi berdiri saat dikejar oleh predator. Pada bagian jari kaki, terdapat selaput yang membuat permukaannya menjadi lebih luas sehingga ia mudah berlari di atas permukaan air.
Selain itu, kantong air yang dimilikinya juga dapat meningkatkan suatu tegangan pada permukaan.

Kawan Anehnya Dunia, demikianlah berita aneh tentang  7 hewan unik yang hanya ada di Amazon dan tidak akan kita temui di tempat lain. Semoga bermanfaat menambah wawasan kawan - kawan.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »