...

7 Sungai Terpanjang di Dunia

On 2:50:00 PM with No comments

Sungai berperan penting bagi perkembangan peradaban dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Hingga kini keberadaannya masih sangat diperlukan sebagai sarana irigasi, transportasi dan industri masyarakat di sekitarnya. Berikut ini ialah daftar 7 sungai terpanjang di dunia yang keberadaannya tidak bisa dipisahkan dari perkembangan peradaban manusia. 


7 Sungai Terpanjang di Dunia


1. Sungai Nil

Sungai terpanjang di dunia yang pertama yakni sungai Nil yang mengalir melewati 11 negara di Afrika yakni Mesir, Sudan, Sudan Selatan, Eritrea, Kenya, Ethiopia, Republik Demokratik Kongo, Rwanda, Burundi, Tanzania dan Uganda. 

Sungai yang mengalir dari Victoria hingga Laut Mediterania ini memiliki panjang 4.132 mil atau 6.650 km. Sungai Nil merupakan saksi perkembangan peradaban bangsa Mesir dan merupakan sungai kehidupan bagi bangsa tersebut. 

Di musim penghujan, tidak jarang sungai ini meluap dan membanjiri daerah di sekitarnya. Untuk menanggulangi hal itu, pemerintah kemudian membangun sebuah bendungan yakni bendungan Aswan untuk mengendalikan banjir. 

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua setelah sungai Nil yang memiliki panjang 3.976 mil atau sekitar 6.400 km. Sungai yang mengalir dari pegunungan Andes, Peru dan bermuara di Samudera Atlantik ini melintasi tiga negara besar di Amerika Latin yakni Brasil, Equador dan Kolombia.

Sungai Amazon dijuluki dengan sungai terkuat di dunia karena memiliki debit air terbesar yang mencapai 184.000 – 300.000 meter kuik per detik. Jumlah debit air ini merupakan seperlima dari jumlah air tawar di seluruh dunia yang masuk ke laut.

3. Sungai Yangtze

Julukan sungai terpanjang ketiga di dunia dipegang oleh sungai Yangtze atau sungai Chang Jiang yang terletak di Cina. Dengan panjang mencapai 3.917 mil atau 6.300 km menjadikan sungai ini sebagai sungai terpanjang di Asia.

Sungai yang mengalir dari dataran tinggi Qinghai, Tibet dan bermuara di laut Cina Selatan ini memiliki luas aliran yang mencapai 20% dari luas tanah di Cina. Sungai Yangtze memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi dan sejarah masyarakat Cina. Masyarakat telah memanfaatkan aliran sungai ini untuk transportasi, irigasi, dan industri selama ribuan tahun.

4. Sungai Mississippi

Sungai terpanjang selanjutnya adalah sungai Mississippi yang memiliki panjang 3.902 mil atau 6.275 km. Sungai yang juga merupakan sungai terpanjang kedua di Amerika setelah sungai Amazon ini mengalir dari danau Itasca, Minnesota dan berakhir di teluk meksiko. 

Aliran sungai ini melewati beberapa negara bagian Amerika Serikat seperti Wisconsin, Minnesota, Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tenesse, Arkansas dan Louisiana. 

5. Sungai Yenisei

Sebutan sungai terpanjang kelima dipegang oleh sungai Yenisei yang memiliki panjang 3.445 mil atau 5.539 km dan mengaliri dua negara Rusia dan Mongolia. Sungai yang mengalir dari gunung Tannu-Ola, Rusia dan berakhir di lautan artik ini memiliki kedalaman maksimal 80 kaki atau 24 meter dengan kedalaman rata-rata 45 kaki atau 14 meter.

6. Sungai Kuning (Yellow River)

Sungai terpanjang ke enam adalah sungai Kuning atau disebut juga sungai Huang Ho. Sungai yang memiliki panjang 3.395 mil atau 5.464 km ini mengalir dari sisi timur gunung Kuanlan dan berakhir di teluk Vhihli, Cina bagian barat. Sungai Kuning memiliki cekungan Loop Ordos yang merupakan tempat lahirnya peradaban Cina kuno.

7. Sungai Ob 

Sungai terpanjang di dunia selanjutnya adalah sungai Ob atau Obi yang mengalir di Siberia bagian barat Rusia. Sungai yang mengalir dari gunung Belukha, Republik Altai da berakhir di teluk Ob ini memiliki panjang 3.364 mil atau 5.410 km. Sungai ini merupakan sumber air, energi dan irigasi bagi beberapa negara Asia dan Eropa seperti Rusia, Kazakhstan dan Mongolia.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »