...

Fenomena Mistis di Makam Astana Giribangun

On 1:28:00 PM with 1 comment


Presiden Soeharto yang merupakan presiden kedua Indonesia memang sudah lama meninggal dunia. Namun kisah – kisah tentang beliau akan tetap melekat dalam benak masyarakat Indonesia terutama masyarakat yang pernah hidup di bawah rezimnya selama 32 tahun memimpin Tanah Air.


Fenomena Mistis di Makam Astana Giribangun


Meskipun Alm. Soeharto adalah sosok yang sedikit kontroversial, akan tetapi jasa – jasa beliau dalam membangun Indonesia tentu tidak dapat dilupakan begitu saja. Sejak masih hidup, masa kepemimpinannya, hingga sekarang beliau sudah meninggal, nama Soeharto masih segar dalam ingatan rakyat Indonesia. Begitu pula dengan cerita – cerita menginspirasi dari beliau saat masih hidup, maupun setelah meninggal.
Seperti yang kita ketahui, setelah meninggal alm. Soeharto disemayamkan di makam Astana Giribangun. Astana Giribangun sendiri dikenal sebagai makam keluarga makam Soeharto karena disitu juga terdapat makam istri Soeharto yakni Ibu Tien yang lebih dulu meninggal dunia.

Di bagian atas Astana Giribangun di lereng sebelah tenggara, ada makam keluarga Istana Mangkunegaran yaitu Astana Mangadeg.

Kedua makam ini terkenal baik oleh masyarakat sekitar atau pun seluruh Indonesia sebagai makam yang mempunyai daya mistis dalam sejarah perjalanannya. Oleh sebab itu tempat tersebut disebut tempat sakral dan tidak boleh dianggap sembarangan.
Hingga saat ini, banyak cerita mistis dan aneh yang mengiringi makam Soeharto tersebut. Salah satu kisah mistis yang paling terkenal adalah fenomena yang terjadi saat terjadinya gerakan reformasi.

Menurut kesaksian sang juru kunci Astana Giribangun, saat itu pada tahun 1998 kekuasaan Soeharto mulai diguncang dan pada akhirnya rezim Orde Baru pun tergulingkan. Pada saat itu juga banyak masyarakat yang menghujat Soeharto dan tidak sedikit pula yang berencana menyerang Astana Giribangun. Menurut sang juru kunci, beberapa orang sudah merencanakan penyerangan tersebut dengan berbagai persiapan termasuk peralatannnya. Namun anehnya, hingga suasana mereda, tidak ada sedikit pun serangan yang diterima oleh Astana Giribangun meskipun warga sekitar sudah menyiapkan perlindungan dan berusaha melindungi Astana.

Atas dasar peristiwa tersebut, masyarakat percaya bahwa Astana Giribangun dilindungi oleh Allah dan para leluhur yang menjaga makam tersebut sejak dahulu.Tidak hanya itu, fenomena aneh di tempat sakral ini juga terjadi beberapa saat sebelum pemakaman menjelang pemakaman Alm. Soeharto.

Saat itu hari Minggu Wage, tanggal 27 Januari 2008 pukul 15.30. Sebelum dilakukan prosesi pemakaman, keluarga besar Soeharto terlebih dahulu melaksanakan upacara Bedah Bumi dengan cara menancapkan linggis ke tanah pemakaman sebanyak 3 kali. Upacara ini dipimpin oleh mantan Bupati Wonogiri, Begug Purnomosidi dengan tujuan agar penggalian berjalan dengan lancar.

Saat penancapan pertama dan kedua, suasana masih normal dan tidak terjadi apa – apa, namun ketika penancapan ketiga, ada peristiwa yang membuat para pengunjung saat itu amat ketakutan. Tiba – tiba saja suara seperti ledakan terdengar sangat keras dari langit atas pemakaman.

Orang – orang yang mencoba mencari asal suara ternyata tidak menemukan hasil. Setelah kejadian tersebut, sebagian besar masyarakat menganggap bahwa bunyi itu sebagai pertanda bumi menerima jasad sang mantan presiden. Namun ada juga yang menanggap sebaliknya.
Selain kisah di atas, beberapa bulan sebelum meninggalnya Presiden Soeharto juga di Astana Giribangun diketahui terjadi bencana longsor. Tidak diketahui apa penyebabnya karena saat itu kondisi alam masih sangat normal, tidak hujan dan tidak ada gangguan apa pun.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Jika anda butuh nomor togel 100% di jamin tembus silahkan hub.AKI SAJIWO di nmr hp beliau.085-322-061-788 terimah kasih