...

Aneh..! Daun Jeruk Bisa Mengobati Asma, Rematik dan Diare

On 10:24:00 PM with No comments


WOW LUAR BIASA.... Hanya Dengan Daun Jeruk, Rematik, Asma, Diare, Dan Masih Banyak Penyakit Lainnya Bisa Disembuhkan. Berikut Cara Penggunaannya... 

Aneh..! Daun Jeruk Bisa Mengobati Asma, Rematik dan Diare


Daun jeruk nipis sering kali digunakan dalam berbagai keperluan, baik dalam bidang medis maupun kuliner. Daun jeruk nipis mempunyai ciri-ciri hampir sama seperti daun jeruk lain pada umumnya. Hanya saja daun ini biasanya bersifat tunggal dan memiliki bermacam-macam ukuran. Daun jeruk nipis mengeluarkan bau yang segar yang hampir mirip buahnya.

Senyawa Aktif dalam daun Jeruk Nipis

Aroma yang dihasilkan oleh daun jeruk nipis dihasilkan dari minyak esensial yang terkandung dalam setiap helai daun jeruk nipis. Jenis aroma khas tersebut antara lain seperti aroma sitronelal dan citrus.

Selain itu, di dalam daun jeruk nipis juga terkandung senyawa-senyawa aktif semacam kampferol, quercetin, rosmarinik, luteolin, flavonoid, dan apigenin. Dari senyawa-senyawa inilah yang menyebabkan daun jeruk nipis memiliki khasiat herbal yang baik untuk menyembuhkan penyakit.

Manfaat Bagi Kesehatan

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Mulut dan gigi, dua anggota tubuh ini memang harus mendapatkan perhatian lebih dalam hal kesehatan. Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi dapat memberikan pengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh juga mendukung penampilan.

Daun jeruk memiliki kandungan vitamin C yang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Anda cukup mengunyah daun jeruk nipis lalu setelah itu berkumur. Maka dengan demikian nafas akan harum dan bau mulut pun hilang.

2. Menyembuhkan mual dan sakit perut 

Sakit perut dan mual memang merupakan penyakit yang bisa timbul kapan saja. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari masuk angin, gangguan pencernaan, hingga flu yang lama. Kandungan minyak esensial dalam jeruk nipis dapat mengatasi gangguan itu semua.

Untuk merasakan khasiat ini, cukup larutkan beberapa daun jeruk nipis dalam air hangat. Diamkan sebentar agar senyawa dalam daun larut dalam air. Untuk menambah rasa manis bisa ditambahkan gula atau madu.

3. Mengobati kembung

Perut kembung biasanya disebabkan oleh tubuh yang terlalu lelah ataupun sedang memiliki beban pikiran. Tekanan perasaan dapat memicu reaksi gas di dalam lambung. Senyawa esensial dan apigenin yang terkandung dalam daun jeruk nipis dapat memperbaiki masalah gas di dalam lambung ini, sekaligus memberi efek menenangkan.

Caranya, tambahkan rebusan daun jeruk nipis pada minuman anda seperti teh dan lain-lain. Anda juga dapat menambahkan gula atau madu.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Tidur nyenyak akan membuat tubuh sangat nyaman. Saat kita tertidur, tubuh sebenarnya melakukan tugas metabolisme. Bagi beberapa orang yang mengalami susah tidur atau insomnia, meminum teh dari daun jeruk nipis sebelum tidur merupakan solusi yang tepat.

Ekstrak senyawa yang dikandung diketahui dapat menenangkan dan membuat seseorang lebih cepat dan lebih nyaman dalam tidurnya.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C yang dikandung oleh jeruk nipis memang terkenal sangat tinggi. Namun, pada daunnya pun ternyata ditemukan hal yang sama. Selain itu, ditemukan pula kandungan flavonoid yang memiliki peran sebagai anti oksidan. Mengkonsumsi teh daun jeruk dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena zat-zat dalam daun jeruk nipis berfungsi untuk melawan berbagai penyakit dan virus.

6. Menyembuhkan luka

Luka terbuka pada kulit juga bisa disembuhkan menggunakan daun jeruk nipis. Caranya yakni, tumbuk halus daun jeruk nipis yang masih segar lalu tempelkan pada luka. Ganti secara berkala untuk menghindari infeksi. Senyawa dalam daun jeruk nipis dapat berfungsi untuk membunuh kuman dalam luka tersebut.

7. Obat diare

Untuk menyembuhkan penyakit diare, cukup kunyah daun jeruk nipis yang sudah halus. Anda dapat menambahkan madu agar mengurangi rasa pahit.

8. Meringankan gangguan pada pernafasan

Ekstrak daun jeruk nipis yang keluar akibat rebusan daun jeruk dalam air dapat memberikan efek hangat bagi tenggorokan dan pernafasan. Cara ini sebenarnya sudah dipakai sejak zaman dahulu dan terbukti sangat efektif dalam mengatasi gangguan saluran pernafasan.

9. Obat Rematik

Orang yang mengidap penyakit ini akan tidak nyaman dalam aktivitasnya. Hal ini dikarenakan rasa sakit pada bagian persendiannya. Untuk mengatasi hal ini anda dapat mengambil daun jeruk nipis beberapa helai yang tentunya masih segar, lalu potong jadi beberapa bagian dan gosokan pada bagian yang sakit dengan lembut.

10. Detoksifikasi

Zat antioksidan yang dikandung daun jeruk nipis lumayan tinggi. Zat ini dapat digunakan sebagai obat bagi racun yang menumpuk di dalam tubuh. Untuk merasakan khasiat ini anda cukup mengkonsumsi teh daun jeruk nipis.

Sekian penjelasan tentang keanehan manfaat daun jeruk nipis dalam mengatasi berbagai penyakit. Silahkan dicoba dan semoga mendapatkan kesembuhan. Salam Anehnya Dunia





Next
« Prev Post
Previous
Next Post »