...

Kekuatan Magis Makam Purboyo Mampu Jatuhkan Pesawat yang Melintas di Atasnya

On 8:13:00 AM with No comments

Kekuatan Magis Makam Purboyo Mampu Jatuhkan Pesawat yang Melintas di Atasnya

Makam Purboyo yang menjadi makam dari Pangeran Purboyo putra Panembahan Senopati adalah makam kramat yang terletak di kompleks pemakaman Wot Galeh, Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penduduk sekitar percaya bahwa makam ini memiliki kekuatan magis dimana jika ada pesawat yang melintas di atasnya maka pesawat tersebut akan jatuh.

Kekuatan Magis Makam Purboyo Mampu Jatuhkan Pesawat yang Melintas di Atasnya


Menariknya, kepercayaan tersebut sedikit terbukti setelah beberapa waktu yang lalu pesawat T50 Golden Eagle jatuh di kompleks Lanud Adisucipto, Yogyakarta setelah sebelumnya diduga melewati atas makam Purboyo. Hingga kini, belum diketahui secara pasti sebab dari jatuhnya pesawat tersebut karena tim investigasi dari Mabes TNI AU masih mencari data – datanya.

Menurut masyarakat sekitar, seharusnya para pilot sudah mengetahui mengenai larangan tersebut dan tidak mencoba menerbangkan pesawatnya di atas makam Purboyo. Meskipun ini hanyalah dugaan, namun fenomena ini masih melekat dan dipatuhi hingga kini.
Kompleks pemakaman Wot Galeh sendiri setiap malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon selalu ramai oleh para peziarah yang tirakat. Di bagian dalam pagar tembok kompleks makam ini terdapat sebuah masjid setengah terbuka dimana terdapat dua makam, yakni makam Pangeran Purbaya dan ibunya, yaitu Ratu Giring.

Sedangkan di bagian belakang masjid, ada sebuah sumur yang konon dibuat ketika Pangeran Purbaya masih hidup. Sumur ini memiliki ukuran yang cukup besar jika dibandingkan dengan sumur pada umumnya. Sumur ini juga menjadi tempat prosesi awal bagi mereka yang akan melaksanakan tirakat dimana orang – orang tersebut akan diguyur air sumur ini sebanyak 7 kali.

Berdasarkan Babad Tanah Jawi, Pangeran Purboyo adalah putra Penembahan Seopati dari Rara lembayung, putri Ki Ageng Giring, dari Mataram. Karena kesaktiannya, Purboyo diangkat menjadi senopati perang Mataram ketika Sultan Agung bertahta. Salah satu kesaktian yang dimiliki oleh Pangeran Purboyo adalah mampu membuat peluru langsung hanya dengan menggunakan tangan.

Awal kisah kepercayaan masyarakat tentang pesawat yang akan jatuh jika melintasi atas makam Purbaya adalah ketika ada suatu kerajaan yang berencaran akan menyerang Mataram Islam. Bahkan kerajaan tersebut sudah mempersiapkan pasukan dan segala senjata yang dibutuhkan.

Mendengar kabar ini, Pangeran Purboyo pergi sendirian ke kerajaan tersebut dan menyamarkan namanya menjadi Jadug. Jadug yang tidak lain adalah Pangeran Purboyo pun tiba dikerajaan tersebut lalu menyambangi tempat pembuatan senjata setelah berkeliling lingkungan kerajaan dalam beberapa waktu.
Di tempat itu Pangeran Purboyo tidak sengaja menunjukkan kesaktiannya yang membuat prajurit kerajaan mengepungnya. Akhirnya ia mencoba membela diri dan pada akhirnya membuatnya dihadapkan pada raja.

Dihadapan raja, raja mengatakan bahwa dia berencana menyerang kerajaan Mataram Islam. Namun sebelum itu, dia meminta Kanjeng Sultan Agung untuk membelah pusaka milik kerajaannya yang besar dan kuat menjadi dua.

Mendengar hal itu Pangeran Purboyo meminta raja untuk menunjukkan pusaka miliknya tersebut dan membiarkan dirinya yang membelahnya. Setelah pusaka itu dibawa ke hadapannya, Pangeran Purboyo dengan mudahnya membelah pusaka tersebut dengan tangan dan kukunya. Raja dan prajurit yang menyaksikan peristiwa itu akhirnya tunduk dan membatalkan rencana serangannya serta memberikan upeti kepada kerajaan Mataram Islam.

Konon pusaka yang dibelah oleh Pangeran Purboyo tersebut disimpan hingga akhir hayatnya dan kesaktiannya yang membuat pesawat jatuh ketika melewati makam Pangeran Purboyo. Wah, benar-benar aura mistisnya luar biasa  ya....



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »