...

Astaghfirullah...!!! Posisi Tidur Begini Bisa Buat Allah Murka

On 11:01:00 PM with No comments


Tidur adalah usaha untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas seharian. Anggota badan akan kembali fresh setelah tidur pada malam hari. Tapi ternyata, tidur memiliki adab atau aturan tersendiri di dalam islam.

Astaghfirullah...!!! Posisi Tidur Begini Bisa Buat Allah Murka


Nabi Muhammad SAW menyarankan umatnya untuk selalu tidur dengan menghadap ke kanan. Tidak hanya sekedar sunnah hukumnya, tidur dengan menghadap ke kanan ternyata memiliki manfaat tersendiri secara medis.

Ada yang baik ada pula yang buruk. Ya, begitulah kehidupan. Setelah posisi tidur yang dianjurkan, ada pula posisi tidur yang mengundang murka Allah SWT. Bahkan tidur posisi ini disebut-sebut merupakan posisi tidur para penghuni neraka. Seperti apakah posisi tidur tersebut? Berikut penjelasannya.

Ternyata posisi tengkuraplah yang dimurkai oleh Allah. Hal ini diuraikan oleh Rasulullah SAW di dalam hadistnya saat beliau menghadiri sebuah masjid. Beliau melihat ada seseorang yang tidur tengkurap saat tinggal di masjid An-Nabawi. Diriwayatkan oleh T. Al-Ghifari RA, orang yang tinggal di masjid tersebut berkata.

“aku tidur di masjid ini saat akhir malam, lalu ada orang mendatangiku sedangkan aku sedang tidur dalam posisi tengkurap. Lalu mengatakan : “Bangunlah dari tengkurapmu, sebab tidur demikian merupakan tidurnya mereka yang mendapat murka Allah.” Lalu kuangkat kepalaku, maka saat ku lihat beliau adalah Rasulullah SAW, akupun lalu bangkit.” [HR. Bukhari]

Dalam riwayat lain Nabi Muhammad menjelaskan bahwa tidur dengan posisi tengkurap merupakan tidurnya penghuni neraka. Setidaknya hal ini sudah diriwayatkan di dalam Hadist oleh Ibnu Majah.

Allah SWT dan Rasulnya tidak akan melarang umatnya melakukan sesuatu tanpa suatu alasan yang baik. Menurut penelitian medis, tidur dalam posisi tengkurap memang membahayakan bagi tubuh. Tidak salah memang Allah melarang hambanya, bahkan memurkai hal ini.

Ilmu kedokteran modern pun ternyata menemukan bahwa memang tidur dengan posisi tengkurap memang memiliki resiko yang dapat membahayakan. Tidur dengan posisi ini bisa mengganggu proses pernapasan karena otot-otot pada dada dan pada organ pernapasan tidak bisa bekerja secara maksimal akibat terhimpit. Dengan tengkurap, akibatnya dada akan merasa tertekan dan nafas akan terganggu hingga mengakibatkan sesak.

Selain bagian pernapasan, tidur dengan posisi tengkurap juga bisa menghimpit organ jantung. Fungsi kerja dari otak pun juga bisa tidak maksimal dengan tidur pada posisi ini.

Tidur tengkurap juga dapat mengakibatkan menjadi pegal-pegal saat bangun. Sejatinya, tidur adalah kegiatan yang berguna untuk me-refresh badan, namun hal ini akan berbanding terbalik jika anda tidur dengan posisi tengkurap. Karena, saat anda tidur tengkurap, otomatis kepala anda akan miring entah ke kanan atau ke kiri untuk menghindari hidung tertutup. Hal ini tentu menimbulkan pegal dan nyeri pada leher serta anggota tubuh lainnya.

Dalam dunia kecantikan, tidur dengan posisi tengkurap diketahui juga akan menimbulkan keriput pada wajah. Kenapa hal ini terjadi? hal ini disebabkan kulit wajah yang langsung berkontak dengan permukaan bantal. Bantal yang tidak bersih mengandung bermacam-macam bakteri yang dapat mengancam kulit dan selanjutnya terjadilah keriput atau penuaan dini.

Demikian penjelasan bahaya tentang tidur dengan posisi tengkurap. Sungguh alasan yang masuk akal dan bermanfaat kenapa Allah dan Rasul-Nya melarang hal tersebut. Sebaiknya mulai sekarang hindarilah tidur dengan posisi tengkurap. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Terima kasih.



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »