...

Fakta Unik Bahan Makanan yang Mematikan dan Berbahaya di Dunia

On 1:24:00 AM with No comments


Anehnya Dunia - Makanan yang nampaknya lezat, ternyata belum tentu sehat dan aman untuk dikonsumsi. Bahkan ada beberapa makanan serta bahan dasar pembuatannya yang memiliki kadar racun tinggi sehingga dapat membuat siapapun meninggal dalam waktu singkat.

Fakta Unik Bahan Makanan yang Mematikan dan Berbahaya di Dunia


Apa saja makanan-makanan paling mematikan dan berbahaya di dunia tersebut? Berikut beberapa diantaranya.

1. Singkong Karet

Makanan yang pertama adalah adanya singkong mengandung sianida yang berasal dari Amerika Serikat. Namun, kandungan racun dalam singkong karet tersebut dapat diminimalisir dengan cara direndam lalu dikeringkan. 

Namun, untuk penduduk Afrika, singkong karet masih menjadi ancaman besar karena belum ditemukan cara untuk mengurangi kandungan sianida tersebut. Sehingga masih banyak korban yang mengalami kelumpuhan, keracunan, hingga kematian.

2. Buah Eldeberry

Sahabat sekalian, mungkin Anda harus berhati-hati ketika menjumpai buah yang mirip dengan anggur hitam ini. Pasalnya buah eldeberry juga memiliki kandungan sianida yang berbahaya untuk tubuh.

Untuk meminimalisir kejadian buruk tersebut, dapat diatasi dengan menunggu buah tersebut sampai benar-benar matang. Sebab, buah yang mentah serta masih kurang matang dapat menyebabkan kejang dan diare.

3. Sannakji

Bagi sahabat semua pernah pergi ke Korea, tentu sudah tidak asing lagi mendengar salah satu hidangan populer ini. Negara tersebut menjadi salah satu tempat yang memiliki beberapa tradisi aneh, seperti dalam hal makanan.

Seperti menu makanan Sannakji yang dibuat dari bahan dasar gurita hidup ini. Para koki handal menyajikan hewan laut bertentatkel ini hidup-hidup lalu dipotong menjadi irisan kecil. Hanya dikombinasi dengan minyak wijen, Anda dapat menelan langsung makanan ekstrim tersebut.

Namun, resiko yang akan terjadi adalah tentakel gurita yang hidup tersebut masih dapat merambat di tenggorokan dan rongga hidung sehingga membuat nafas tersedak dan berujung pada kematian.

4. Fugu

Beralih ke Jepang, dimana terdapat hidangan yang dibuat dari ikan buntal dan mengandung racun tetrodoksin serta masih belum ditemukan penawarnya. Namun, keracunan akibat makan fugu masih menjadi kejadian langka karena cara pengolahannya hanya dilakukan oleh koki profesional dengan standar ketat.

5. Katak Lembu

Bullfrog atau katak lembu merupakan salah satu hidangan yang banyak disajikan di Afrika Selatan. Jenis katak ini memiliki kandungan racun yang mematikan, terutama katak-katak muda.

6. Buncis Calabar

Kacang polong yang berada di salah satu wilayah Afrika ini juga menjadi fenomena unik, karena banyak yang tidak menyangka jika memiliki kandungan racun sangat tinggi. Tidak hanya berdamapk pada kematian, buncis ini juga dapat membuat kejang, kerusakan sistem saraf, ganggaun pencernaan dan pernafasan.

7. Cabe Naga

Cabe naga merupakan jenis cabe yang dapat mematikan. Kejadian unik ini sudah tercatat di dalam buku rekor dunia. Jika mengkonsumsi cabe ini sebanyak 4 kg, maka Anda dapat meninggal dunia.

8. Kacang Mete

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kacang mete merupakan makanan yang sangat enak dikonsumsi, seperti saat bersantai bersama keluarga, apalagi diadampingi dengan teh hangat. 

Kacang tersebut rupanya memiliki kandungan racun urishol dan alergen organik yang dapat berakibat fatal saat dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun, Sahabat sekalian tidak perlu lagi merasa khawatir karena melalui proses penggorengan dan pengukusan, kandungan racun dalam kacang mete sudah menghilang.

9. Lutefisk

Makanan dari Norwegia ini terbuat dari daging ikan berbahaya. Cara pengolahannya harus dilakukan dengan benar dan direndam dalam larutan basa selama berhari-hari. Jika direndam dengan durasi terlalu lama, maka ikan tersebut akan mencapai pH 12 dan mampu membuat besi mengalami korosif serta merusak organ pencernaan.


Demikian beberapa fakta unik mengenai fakta mengejutkan bahan makanan yang berbahaya di dunia. Semoga dapat menjadi sumber pengetahuan dan informasi bermanfaat untuk Sahabat anehnyadunia semua.



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »