...

Kisah Misteri di Balik Pesona Gunung Bromo

On 2:41:00 AM with 1 comment


Anehnya Dunia - Wisata Gunung Bromo memang menjadi salah satu tujuan terbaik bagi para pecinta travelling karena adanya spot menarik seperti kawah aktif, Gunung Batok, lautan pasir, serta bukit Teletubbies atau padang savana.




Kisah Misteri di Balik Pesona Gunung Bromo


Namun, di balik keindahan alam yang disajikan oleh Gunung Bromo tersebut rupanya tersimpan beberapa kisah misteri yang sangat jauh dari logika. Deretan fenomena aneh tersebut rupanya sudah menjadi sebuah kepercayaan bagi warga sekitar dan benar-benar disakralkan. Bahkan tiap tahun suku Tengger selalu mengadakan tradisi unik upacara Yadnya Kasada. Tradisi unik Yadnya Kasada ini menggunakan tata cara agama Hindu (agama yang dianut mayoritas Suku Tengger) merupakan upacara persembahan masyarakat Suku Tengger  ke kawah Gunung Bromo atas anugrah dan kesejahteraan yang diterima oleh masyarakat Suku Tengger dari keberadaan Gunung Bromo.

Namun dibalik keindahannya, ternyata Gunung Bromo menyimpan beberapa kisah misteri yang tersembunyi di balik pesona Gunung Bromo. Berikut kisah misteri yang menyelimutinya :

Orang Hilang

Salah satu peristiwa aneh yang dipercaya sering terjadi di balik keindahan wisata Gunung Bromo adalah banyaknya kasus orang hilang tanpa ditemukan jasadnya.

Masyarakat sekitar Bromo Tengger mempercayai bahwa orang-orang yang hilang kemungkinan datang ke kawasan wisata Malang tersebut dengan maksud kurang baik.

Misalnya pasangan pria dan wanita yang melakukan perbuatan tidak senonoh sehingga dapat mengusik ketenangan penghuni Gunung Bromo. Selain itu, ada berbagai hal mengganggu lainnya yang diduga juga menjadi penyebab hilangnya orang-orang tersebut.

Kejadian aneh ini selalu berujung pada hilangnya orang tanpa diketemukan jejak, petunjuk, maupun jasadnya, jika mereka memang sudah meninggal.

Pasir Hisap

Wisata Gunung Bromo memang memiliki beberapa spot menarik selain kawah, yaitu adanya lautan pasir serta padang savana yang juga disebut dengan rumput Teletubbies.

Adanya fenomena aneh berupa pasir hisap diduga juga sering terjadi di kawasan sekitar padang savana hinga memakan korban. Namun, peristiwa langka tersebut memang berada di luar logika sehingga sampai saat ini masih belum dipastikan mengenai kebenarannya.

Ada beberapa titik yang diberi tanda oleh warga untuk tidak dilewati secara sembarang oleh wisatawan yang berkunjung karena diduda itulah lokasi dari pasir hisap. Selian itu, lokasi pasir hisap juga dipercaya sebagai tempat Roro Anteng ketika melahirkan tanpa adanya pembuahan dari sang suami.

Pembangunan Istana Megah

Selain beberapa kejadian aneh yang dipercaya berada di balik pesona Gunung Bromo yang telah kami sebutkan, di lokasi tersebut juga terdengar kabar aneh mengenai kisah pembangunan sebuah istana megah.

Masyarakat Tengger percaya bahwa ketika Gunung Bromo sedang mengalami erupsi, maka Ki Bromo akan melakukan pembangunan sebuah istana yang megah dengan jumlah tingkatan sebanyak 18.

Walaupun sangat jauh dari nalar manusia, tetapi hal tersebut memang menjadi sebuah kepercayaan yang kuat bagi mereka. Pembangunan yang dilakukan Ki Bromo juga membutuhkan adanya sesaji berupa palawija, bukan manusia.

Dengan kepercayaan tersebut, masyarakat dapat memetik sebuah nilai moral bahwa setiap erupsi terjadi, maka akan memunculkan keberkahan tersendiri, terutama untuk kesuburan lahan pertanian dan perkebunan milik warga.

Benda-benda Pusaka dari Dewa

Kisah misteri berikutnya yang juga terpendam di dalam wisata Bromo adalah adanya kabar bahwa di sekitar lokasi sebenarnya terdapat banyak peninggalan benda pusaka Kerajaan Majapahit yang diduga menjadi pemberian dewa.

Fenomena aneh yang satu ini juga dijadikan sebagai peringatan bagi para pengunjung yang datang ke Gunung Bromo untuk selalu menjaga sikap sebagai bukti penghormatan terhadap penunggu kawasan tersebut. Hal ini juga berujuan untuk menjaga kelancaran selama mengunjungi wisata Gunung Bromo.

 Akar Ghaib

Kejadian aneh yang satu ini tentunya tidak dapat diamati oleh sembarangan orang. Beberapa orang yang memiliki kemampuan lebih dalam melihat hal-hal ghaib mengaku bahwa akar tersebut melintas di bagian lautan pasir.

Banyaknya peristiwa aneh yang dialami oleh wisatawan ketika kehilangan arah di Gunung Bromo, ternyata juga dihubungkan dengan adanya akar ghaib. Selain itu, penyebab yang paling logis ketika orang-orang tersesat adalah ketika mereka kurang menghormati penunggu Bromo Tengger atau datang dengan maksud tidak baik.

Itulah tadi beberapa kisah misteri di balik keindahan Gunung Bromo yang taura mistisnya masih dirasakan oleh masyarakat suku Tengger yang sudah mendiami kawasan Gunung Bromo sejak zaman dahulu kala hingga sekarang.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

"Selamat siang Bos 😃
Mohon maaf mengganggu bos ,

apa kabar nih bos kami dari Agen365
buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
ayuk... daftar, main dan menangkan
Silahkan di add contact kami ya bos :)

Line : agen365
WA : +85587781483
Wechat : agen365


terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"