...

Deretan Pemakaman Unik dan Penuh Mistis di Indonesia

On 8:54:00 AM with No comments

Berbicara tentang pemakaman pasti langsung terlintas di pikiran kita sebuah tempat yang mistis, menyeramkan, dan penuh misteri. Tidak salah memang, mengingat pemakaman adalah tempat dimana orang meninggal dikubur dan masyarakat percaya bahwa arwah mereka sering bergentayangan di tempat ini.


Deretan Pemakaman Unik dan Penuh Mistis di Indonesia


Di Indonesia sendiri yang notabene masih menjaga erat budaya lokal, banyak pemakaman – pemakaman unik yang juga dikenal sebagai tempat yang sangat menyeramkan oleh masyarakat sekitar. Banyak kejadian – kejadian aneh serta penampakan misterius terlihat di tempat – tempat tersebut. 

Dan berbicara mengenai pemakaman, berikut beberapa pemakaman yang terbilang unik sekaligus syarat dengan suasana mistis di negeri ini.

Pemakaman unik dan menyeramkan di Indonesia

1. Batu Lemo, Tana Toraja

Pemakaman paling menyeramkan di Indonesia yang pertama adalah Batu Lemo yang terletak di Tana Toraja. Pemakaman ini tergolong sangat unik karena terletak di sebuah tebing yang dipahat oleh masyarakat setempat dengan menggunakan alat – alat yang sangat sederhana.

Di pemakaman ini, jasad orang yang meninggal di letakkan pada lubang yang mereka pahat sendiri. Yang membuat pemakaman ini tampak sangat menyeramkan adalah adanya tulang belulang manusia yang tergeletak di tebing – tebing tersebut.

2. Makam Dayak Benuaq, Kalimantan Timur

Makam angker di Indonesia selanjutnya bernama Makam Dayak Benuaq yang berada di Kalimantan Timur. Jika anda berkunjung ke kampung suku Dayak Benuaq ini, anda mungkin terkejut atau heran dengan banyaknya makam yang terletak di pinggir – pinggir jalan atau samping rumah.

Masyarakat suku ini memiliki budaya dimana orang yang baru meninggal akan diletakkan dalam peti yang disangga dengan tiang. Setelah beberapa waktu berlalu ketika jasad sudah tinggal tulang, tulang tersebut nantinya dipindahkan ke peti yang permanen dan dimakamkan di tempat pilihan keluarganya yang biasanya ada di samping – samping rumah. Banyaknya kuburan yang berada di hampir seluruh area kampung membuat tempat ini sangat angker.

3. Makam Bayi Kambira, Tana Toraja

Sama seperti Batu Lemo, Makam Bayi Kambira terletak di Tana Toraja. Disebut makam bayi karena memang yang dimakamkan di tempat tersebut hanya bayi – bayi saja. Cara pemakamannya pun terbilang cukup unik karena jasad bayi diletakkan di dalam pohon yang dilubangi.

Cara yang unik dan tidak lazim tersebut justru membuat tempat pemakaman ini terkesan sangat angker. Masyarakat mengaku sering menemukan kejadian – kejadian janggal yang terjadi di tempat ini.

4. Makam Raja – Raja Imogiri, Yogyakarta

Di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ada satu pemakaman yang tergolong angker namun dijadikan tempat wisata, dia adalah makam Raja – raja Imogiri. Meskipun tempat wisata, namun berkunjung ke tempat ini harus menuruti persyaratan – persyaratan tertentu seperti memakai pakaian adat Jawa, melepas alas kaki, dan lain – lain. Jika tidak dapat memenuhi persyaratan tersebut, maka pengunjung hanya bisa melihat gerbang masuk pertama pemakaman ini.

Selain itu, yang boleh berziarah ke pemakaman ini hanyalah orang – orang tertentu saja seperti keluarga dekat raja, dan orang – orang yang diberi izin khusus oleh pengelola.

Meskipun dipakai sebagai tempat wisata dan memiliki bangunan yang bagus, namun pemakaman Raja – Raja Imogiri tak luput dari kisah mistis. Beberapa orang mengaku melihat penampakan – penampakan misterius di tempat ini.

5. Trunyan, Bali

Pemakaman Trunyan di Bali adalah pemakaman yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Seperti yang kita tahu, disini mayat digeletakkan begitu saja di bawah pohon Taru Menyan yang dapat mengeluarkan bau wangi yang sekaligus menetralisir bau busuk dari mayat – mayat di bawahnya. Banyaknya jasad yang diletakkan di bawah pohon ini membuat Trunyan penuh dengan tulang belulang dan terkesan sangat mengerikan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »