...

Bahayakan Keamanan Negara, BIN Kaji Pokemon Go di Indonesia

On 11:23:00 PM with No comments


Bahayakan Keamanan Negara, BIN Kaji Pokemon Go di Indonesia



Anehnya Dunia - Fakta Unik Game Pokemon Go ternyata tak hanya menarik minat perhatian para pencinta game namun juga mengusik pemangku kepentingan keamanan negara di Indonesia. Tak tanggung - tanggung petinggi Badan Intelejen Negara (BIN) Sutiyoso turut berkomentar atas mewabahnya Pokemon Go di Indonesia. Menurutnya Pokemon Go berpotensi bahayakan keamanan negara. Oleh karena itu BIN akan mengkaji Pokemon Go di Indonesia.


Sebelumnya mulai dari Menteri hingga anggota DPR pun juga berkomentar tentang potensi bahaya keamanan negara yang ditimbulkan permainan Pokemon Go. Wahh, kayaknya game ini sesuatu banget ya, sampai - sampai Badan Intelejen Negara harus turun tangan.

Dalam suatu wawancara seusai acara Peluncuran Bunga Rampai 65 Tahun Surya Paloh, Senin, 18 Juli 2016 siang tadi Sutiyoso mengakui bahwa ada potensi yang membahayakan keamanan negara. Oleh karenanya pihaknya (BIN) akan mereview dan melakukan peninjauan terkait game Pokemon Go ini.

" Coba bayangkan kalau permainan Pokemon Go ini dimainkan di istana negara, instalasi militer, objek vital pemerintah, itukan bisa membahayakan dan bisa timbul potensi kebocoran rahasia negara", Kata Kepala Badan Intelejen Negara Sutiyoso.

Lebih lanjut Sutiyoso mengatakan pihaknya akan bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk membahas efek negatif dari game Pokemon Go di Indonesia ini secepatnya. Namun game Pokemon Go sendiri sebenarnya belum dirilis secara resmi di Indonesia.

Ketika ditanya wartawan apakah game Pokemon Go akan diblokir di Indonesia, secara diplomatis Sutiyoso menjawab hal itu bergantung pada hasil kajian BIN dan instansi terkait lainnya.

" Nanti kita akan mengkaji Pokemon Go dulu. Hasil kajian itulah yang akan disampaikan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika agar ditindak lanjuti" tegas Sutiyoso.

Sebagai informasi game Pokemon Go ini adalah game buatan Niantic yang baru dirilis pada tanggal 1 Juli 2016 yang lalau. Meski game ini belum dirilis secara resmi di Indonesia namun antusiasme gamer Indonesia sungguh luar biasa. Mereka mencari berbagai cara agar dapat mengunduh Pokemon Go di smartphonenya. 

Game Pokemon Go itu sendiri menggunakan teknologi smart GPS yang mengharuskan pemain game untuk selalu bergerak berburu monster Pokemon di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia. Selain dampak membahayakan keamanan negara, game ini juga berpotensi menimbulkan bahaya keselamatan dan keamanan penggunanya. 

Dalam menangkap monster Pokemon GO, pemain harus membuat capture - capture lokasi tempat tertangkapnya monster Pokemon Go. Nah capture - capture lokasi inilah yang rupanya mengusik Badan Intelejen Negara di Indonesia. Karena capture tersebut akan masuk ke server penyedia game. Siapa yang bisa menjamin bahwa pengumpulan informasi lokasi dari berbagai tempat di seluruh penjuru dunia tersebut tidak dimanfaatkan oleh pihak - pihak yang tak bertanggung jawab.

Bisa jadi pengguna yang terlalu asyik fokus bermain Pokemon Go dengan memantengi layar teleponnya akan abai pada kondisi di sekitar mereka. Sehingga berbagai kemungkinan yang membahayakan dirinya mulai dari terperosok ke selokan hingga tertabrak motor atau mobil atau bisa juga dicopet, dirampok, diculik semua itu bisa terjadi terutama bagi penggemar Pokemon Go yang masih anak - anak. 

Rasanya pecandu game Pokemon Go di Indonesia akan dibuat harap - harap cemas dengan statemen Kepala BIN yang akan mengkaji keberadaan Game Pokemon Go di Indonesia. Semoga saja Pemerintah Indonesia bisa secara arif dan bijaksana menyikapi potensi bahayakan keamanan negara dari game Pokemon Go di Indonesia ini. Harapan gamer Pokemon Go tentunya game ini diperbolehkan masuk di Indonesia namun Pemerintah juga mengambil langkah melindungi rahasia negara agar  game Pokemon Go tak membahayakan keamanan negara.

Kita tunggu saja kajian Badan Intelejen Negara terhadap Game Pokemon Go di Indonesia
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »